Saturday, April 23, 2011

MEMBUAT NOMOR URUT Di MICROSOFT EXCEL


Salam hangat semua. Di sini kita akan membahas membuat nomor urut di Microsoft Excel.
Dalam pembuatan laporan biasanya di kolom I adalah kolom nomor. Dan biasanya untuk membuat nomor urut cukup dengan mengetik :
=(01 cell diatas)+1
Misaknya dengan Contoh gambar ini :

dan di dalam rumus ini ada kelemahanya yaitu rumus ini tidak dapat membaca apakah ada /  atau tidak data didalam suatu baris.
Bagaimana bila misalkan yang hendak dibuat adalah nomor urut yang muncul apabila dalam suatu baris ada datanya ?
Maka rumus yang digunakan adalah :
=IF(cell<>””,COUNTA($cell$1:cell1),””)
Misaknya dengan Contoh gambar ini :

Pengertiannya yaitu :
Rumus di A4 apabila di cell B4 tidak sama dengan kosong (“”), maka hitung (COUNTA) total jumlah data dari cell ketetapan sampai dengan cell terakhir ($B$4:B4), dan jika di cell B4 kosong maka munculkan tanda kosong (“”).
Selanjutnya tinggal di copy A4 dan paste ke baris di bawahnya sampai urutan terakhir.
mungkin rasa cukup  ya!
jika menganlami kesulitan setelah mencoba’
hubungin saya ya! di blog ini.

No comments:

Post a Comment

Dian Yami Esgares

There was an error in this gadget